Kamis, 01 Mei 2014

Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang, tapi orang tersebut menutup hidung atau merasa terganggu dengan bau mulut Anda?


Sama seperti bau badan, bau mulut juga dapat mengganggu aktivitas baik pribadi maupun pekerjaan. Bagi Anda yang harus berbicara dengan banyak orang atau mungkin klien yang cukup penting, masalah bau mulut ini tidak bisa dianggap hal yang sepele. 

Penyebab bau mulut antara lain ialah kesehatan gigi dan gusi yang kurang terjaga hingga menyebabkan kuman berkembang, radang tenggorokan, amandel, hingga penyakit yang cukup serius seperti diabetes melitus

Namun tak perlu khawatir, bau mulut ini dapat dicegah dengan cara-cara sebagai berikut: 
1. Lakukan perawatan gigi teratur 
Perawatan untuk mencegah bau mulut bukan hanya dengan cara menggosok gigi saja, tetapi juga secara rutin memeriksakannya ke dokter gigi. Ini penting untuk mengetahui kesehatan gigi, sehingga jika terdapat masalah seperti gigi berlubang dapat cepat diobati. 

2. Hindari makanan ini 
Hindarilah makanan yang berbau menyengat ataupun makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Beberapa jenis asupan seperti susu, keju, alkohol, dan daging merah dapat membuat mulut Anda mengeluarkan bau tidak sedap. Sebisa mungkin hindari mengonsumsinya secara berlebih atau langsung sikat gigi setelah Anda mengonsumsinya. 

3. Menyikat lidah 
Sejak kecil kita diajari untuk menyikat gigi, tapi untuk mencegah bau mulut bukan hanya menyikat gigi saja yang harus dilakukan melainkan juga menyikat lidah. Sikat dan bersihkanlah lidah dua kali sehari seperti kita menyikat gigi untuk mencegah munculnya lapisan putih akibat jamur Candida albicans. Jamur inilah dapat menyebabkan bau mulut. 

4. Baking soda 
Baking soda ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan memasak ataupun membuat kue. Bubuk ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah bau mulut. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok baking soda ke dalam setengah gelas air minum, lalu aduk. Setelah itu Anda dapat meminumnya. 

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan mulut Anda karena biasanya orang yang mengalaminya tidak sadar dan mengetahui kalau dirinya bau mulut. 

Bau mulut berhubungan dengan kebersihan tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar